Sebuah Renungan

Source from Sepedaku dot com

UNTUK DIRI SENDIRI:

Setiap akan pergi bersepeda aku akan memastikan beberapa hal:

  1. Aku harus pastikan bahwa tubuhku dalam kondisi fit, walaupun bersepeda untuk jalur ringan sekalipun Keletihan akan membuat fungsi control dan reflex anggota tubuh menurun.
  2. Aku harus pastikan hati dan jiwaku saat itu juga harus stabil. Tidak dalam kondisi banyak pikiran atau menghadapi masalah berat dikantor dan dirumah. Hati dan jiwa yang tidak tenang akan membuat tidak fokus dan hilang konsentrasi.
  3. Aku harus pastikan sepedaku dalam kondisi layak jalan. Aku harus pastikan kelancaran drive train, kepakeman rem, periksa tekanan angin ban dan kelaikan komponen lainnya. Kegagalan kelaikan sepeda dapat mencederai bahkan berakibat fatal bagi pengendaranya.
  4. Apabila saat itu, ketiga hal di atas tidak dapat kupenuhi, akan kubatalkan rencana bersepeda walaupun ada event/gathering  sekalipun.
  5. Aku harus focus dan berhati-hati selama perjalanan, bahkan dalam jalur yang telah aku sering lalui sekalipun. Menganggap remeh dan perasaan jumawa akan membuatku lengah.
  6. Aku harus ekstra hati-hati apabila mencoba jalur baru yang belum pernah aku lalui. Aku tidak harus selalu mengikuti apa yang dilakukan tour leader disetiap tanjakan dan turunan, karena kemampuan setiap orang adalah berbeda.
  7. Aku tidak akan cepat panas hati apabila diledek disaat TTB. Aku akan ikuti kata hatiku setiap menghadapi rintangan. Karena dirikulah yang paling tahu batas-batas kemampuanku saat itu.
  8. Selama perjalanan apabila melihat pengendara lain melakukan hal yang berisiko tinggi, aku tidak sungkan lagi untuk mengingatkannya, misalnya mereka yang tidak memakai helmet atau melakukan aksi-aksi ekstrem lainnya di lintasan.

Leave a Reply

