ROGAD’S gowes Jakarta- JOGJA

re-Post from  Om Heru Multiply  : http://herusei.multiply.com/photos/album/21/ dan sebagian foto – rombongan sampe cikampek ada di FB ROGADS

Perjalanan gowes Jakarta menuju Yogyakarta sebenarnya berawal dari pembicaraan pada saat kami melakukan perjalanan gowes bareng Rogad’s ke Marbella’s Anyer Banten pada 7 – 8 Maret 2009 yang lalu dan saat itu hanya Ogut alias Deri Lanang Mahendra yang mengiyakan bersedia akan ikut.
Dengan persiapan lebih kurang 2 minggu kami mematangkan rencana perjalanan ini yang semula perjalanan hanya akan sampai kota Purwokerto Jawa Tengah saja, tetapi Saya akhirnya menawarkan ke Ogut Deri untuk lanjut Ke Yogyakarta dan dia setuju.

h1-cililitan2

Hari Pertama :

Kamis, 26 Maret 2006 (bertepatan libur Nyepi), pukul 6 30 pagi kami berkumpul dan sarapan bubur ayam bareng di SPPBU Cililitan ada Om Bayu, Om Doddy, Om Akung, Nte Ijul, Nte Ria, Om Jallu, Om Agung, Om Dado, Om Bowo, Om Michael serta Ogut dan Saya. Ternyata teman2 Rogad’s mensupport perjalanan kami dengan melepas dan mengantar kami pada jam 7 20 pagi.. seperti Om Jallu sampai lampu merah Halim… Om Bayu, Om Akung, Om Dado dan Nte Ria mengantar sampai Bekasi Kalimalang…(Terima kasih Om dan nte..)
Akhirnya kami bertuju orang melanjutkan perjalanan menuju ke Cikampek..50 km pertama kami beristirahat diwarung di daerah Karawang karena perut terasa lapar dan haus, setelah itu kami melanjutkan gowes kembali menuju Cikampek dan tepat jam 12 kami makan siang sebelum kota Cikampek. Nte Ijul dan Om Bowo terpisah karena mereka berdua mampir dulu makan siang di daerah Klari dekat stasiun kereta dan kemudian bergabung kembali.

Di Cikampek Km 80 kami dilepas oleh Om Doddy, Om Bowo, Om Agung, Om Michel dan Nte Ijul… “Hati-hati di jalan om… Selamat Jalan semoga sukses..Doa kami menyertaimu…” begitu ucapan dari Teman2 Rogad’s saat kami berpisah… (Terima kasih ya Om dan Nte… perasaan kami berdua sangat terharu dibuatnya ternyata persahabatan, persaudaraan dan kepedulian teman2 Rogad’s begitu besar, kental dan akrab …..kami berdua bertekad untuk tidak mengecewakan kawan2..perjalanan menuju Yogya harus bisa..)

Selepas Cikampek kami terus menggenjot pedal dengan kecepatan rata 25 KM/jam..Sukamandi.. Patokbeusi…Pamanukan… di Kabupatean Subang terlewati..dan menjelang perbatasan masuk Kabupaten Indramayu kami beristirahat di warung untuk makan mie goreng dan es kelapa muda.. suhu udara mencapai 39 derajat celcius memang sangat panas di jalur utara ini..

Daerah Eretan kami lalui .. dan menjelang adzan magrib di daerah Kandang Haur Kab Indramayu ban belakang sepeda Om Ogut kempes terkena paku .. dengan cekatan Ogut mengganti dengan ban dalam cadangan.. terlihat di Cyclometer kami baru genjot 175 Km dari Jakarta berarti kami harus menggenjot 68 Km lagi sampai Cirebon…perjalanan sangat panjang menuju Cirebon..

h1-indramayu-90-km-lagi-cirebon

Lampu sepeda bagian depan dan belakang sudah dinyalakan bertanda sudah malam dan kami tetap meneruskan perjalanan menuju daerah Lohbener berbarengan dengan Truk dan Bis yang memang berjalan dimalam hari…. Didaerah yang banyak penjual mangga musiman sampe daerah Balongan merupakan jalan yang menyempit dan dua arah..disini kami harus berekstra hati-hati karena kendaraan truksedang, truk gandeng dan bis malam yang berpapasan 2 arah memang tidak tahu diri sehingga kadang-kadang kami harus turun keluar dari jalur aspal ..doa keselamatan kami panjatkan ke Allah SWT agar kami diberikan kekuatan dan keselamatan melewati jalur ini.. Alhamdulillah akhirnya kami dapat melewatinya dan selamat dengan aman.
Tepat jam 21 00 kami beristirahat dan makan malam di warung padang di Indramayu dan total kami genjot baru mencapai 203 Km, disini saya sempat SMS dengan Om Bayu yang menanyakan posisi dan kondisi fisik kami serta menyarankan kami untuk bermalam di rumah keluarga Nte Irni yang memang lagi pulang ke Cirebon.. Nte Irni juga ngirim SMS ke HP saya yang berisikan alamat rumahnya di dekat Terminal Bis Harjamukti Cirebon.

Diperkirakan 40 km lagi kami sampai kota Cirebon, waktu terus berputar searah dengan gowesan pedal sepeda kami..tanpa henti kami terus berpacu di sepeda.. fly over jalan tol Kanci dah terlewati yang berarti tinggal beberapa kilometer lagi.. masuk Plumbon jalanannya sangat sepi dan kemudian menuju daerah Palimanan terlihat kegiatan lesehan warung nasi jamblang di pinggir pertokoan dengan beberapa orang pembelinya asyik menikmati sajiannya.

h1-indramayu-90-km-lagi-cirebon1

Plang seng Hijau yang bertulisan Cirebon terlihat yang berarti masuk kota Cirebon… yang membuat rekan saya Ogut lebih bersemangat genjotnya. Sekitar jam 22 50 kami sampai di depan Terminal Bis Harjamukti Cirebon dan bertanya pada petugas terminal alamat perumnas yang dimaksud.. ternyata satu lampu merah lagi kami disarankan belok kanan.. sampai di lingkungan perumnas Nte Irni bersama adiknya berjalan menunggu kami. Alhamdulillah jam 23 sampe rumah Nte Irni… kami bongkar muatan beban sepeda … mandi…ngobrol sebentar dengan nte Irni ..lalu tidur pulas..!!
Hari pertama kami lalui sejauh 243 km dengan waktu hampir 16 jam termasuk beberapa kali istirahat.

Hari Kedua : Jum’at, 27 Maret 2009

Sarapan pagi telah disiapin nasi lengko khas Cirebonan, krupuk putih dan teh manis hangat oleh Nte Irni..nikmat bisa sarapan dulu..Jam 8 30 pagi.. kami pamitan kepada keluarga dan Nte Irni serta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan kepada kami.. semoga Allah SWT membalas kebaikan dan menjadi berkah buat keluarga besar Nte Irni..amin.

Cuaca kota Cirebon pagi ini begitu cerah..Gunung Ciremai terlihat disebelah kanan kami berjalan..dengan semangat kembali kami menggenjot pedal di hari kedua menuju arah Kabupaten Brebes.. Perjalanan 20 km pertama selepas kabupaten Cirebon menuju Losari begitu berat karena kami terhadang angin yang cukup kencang yang datang dari arah depan sehingga genjotan kami terasa berat dan lambat.. kecepatan hanya berkisar 10 kmj.

h2-cirebon-coret

Jam 10 30 memasuki perbatasan Kabupaten Brebes kondisi Ogut Deri menurun karena kelelahan akibat melawan angin..sehingga memaksa kami berhenti di minimarket untuk beristirahat dan membeli air mineral, minuman pengganti ion tubuh, jeli dan minuman vitamin C1000.

Perjalanan kami lanjutkan kembali mengingat hari ini hari Jum’at maka kami berhenti kembali setelah menempuh total perjalanan 50 km dan beristirahat untuk menunaikan sholat Jum’at di Masjid Nurul Hidayah di Desa Kedawung Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Setelah menunaikan sholat Jum’at.. kami makan siang di warung sate kambing muda yang rasanya enak banget..mungkin karena lapar kali ya..!!

Karena waktulah maka kami meneruskan perjalanan menuju Purwokerto yang masih berjarak lebih kurang 110 km lagi. Memasuki daerah Ketanggungan Kabupaten Brebes kecepatan genjot kami hanya 10 -20 kmj karena kondisi jalan yang rusak dan banyaknya kendaraan truk material proyek jalan tol Cirebon – Semarang yang lalu lalang dan kami sempat berteduh di saung dipinggir sawah akibat hujan yang turun dengan derasnya.
Menjelang daerah Prupuk ban belakang sepeda Saya kempes dan sempat dua kali di pompa tetapi baru setengah jam kembali kempes (sepertinya bocor halus..!!) dan terpaksa ganti ban cadangan..oh iya di daerah ini kami beli 1 ban dalam cadangan lagi sebagai serep nanti.

Persiapan menjelang tanjakan Bumiayu – Ajibarang kami sempatkan makan bakso dulu sekitar waktu magrib karena hari menjelang malam.  Sepanjang perjalanan menuju Bumiayu Ajibarang kondisi cuaca hujan deras dan tidak henti-hentinya, kami tetap melakukan genjot dengan hati-hati. SPBU dan Terminal Bumiayu di jalan baru kami lalu dengan dibantu penerangan jalan umum yang sangat baik. Tanjakan lurus demi tanjakan kami lalui dengan kecepatan mulai dari 4 sampai 10 kmj dengan kondisi tubuh basah kehujanan…disalah satu tanjakan kami diberi semangat oleh Komunitas Motor Vespa lokal yang sedang berkonvoi kehujanan juga..”Ayoo mas..semangat..!!!” teriak penumpang vespa sambil mengacungkan jempolnya. “Terima kasih…mas..!!” kata saya.

Setelah 2 setengah jam kehujanan kami beristirahat di warung tegal untuk makan malam dan minum teh manis hangat. Dari warung ini saya mengabarkan ke saudara sepupu saya posisi masih di Bumiayu dan kemungkinan 2 jam lagi sampai di kota Purwokerto. Hujan nampaknya tidak akan berhenti dan kami harus terus melanjutkan perjalanan menuju Purwokerto dan berdasarkan informasi dari bapak penjual warteg tanjakan tidak sampai 3 kilometer lagi … Alhamdulillah ternyata benar tanjakan sudah kami lewati dan kami menikmati turunan sampai daerah Ajibarang… tetapi disini kami perlu kehati-hatian karena jalan yang gelap gulita tidak ada lampu penerangan jalan ditambah jalan yang menurun sangat licin dan khawatir adanya jalan yang berlubang yang tertutup genangan air sehingga banyak kami menggunakan rem untuk mengurangi kecepatan waktu menurun.
h2-juragan-ngepit-sepeda Ajibarang…Karangluwas.. kami lalui dan Alhamdulillah segala Puji bagi Allah SWT akhirnya kami sampai di Purwokerto dengan selamat dan aman…, sempat berkeliling ke kota Purwokerto untuk foto-foto sebentar.
Tepat jam 23 00 kami meluncur kearah Sokaraja dekat terminal Purwokerto untuk beristirahat di tempat saudara sepupu saya.

h2-ketanggungan-brebes1-5

Berat memang perjalanan hari kedua dengan total jarak 159 km dari Cirebon dan memakan waktu kurang lebih 15 jam termasuk istirahat serta rintangan hujan hampir 5 jam.

Hari Ketiga : Sabtu, 28 Maret 2009

Pagi jam 7 cuaca terang dan panas matahari ada sehingga kami sebentar menjemur pakaian dan sepatu yang basah akibat kena hujan. Gunung Slamet terlihat megah di belakang kami ..Jam 9 30 pagi sepeda sudah kami siapkan termasuk bawaannya dan kami meninggalkan rumah saudara sepupu untuk mampir sebentar ke rumah Mbah Kakung dan Mbah Uti dari Istri saya di daerah Sokaraja, cukup kaget juga mereka…saat saya masuk kedalam rumah…ternyata cucunya maen sepeda jauh banget katanya. Setelah pengambilan foto keluarga..kami pamitan dan cium tangan serta mohon doanya agar kami selamat sampai Yogya serta kami dibawain 2 botol minuman Mizone yang diambil dari warungnya. (terima kasih Mbah…)

Ogut Deri bilang “om lapar nih..”, akhirnya kami mampir dulu makan Soto Sokaraja di Warung Soto Kecik..saya makan 1 mangkok plus 2 tempe mendoan dan Ogut nambah jadi 2 mangkok plus 2 tempe mendoan dan 1 kerupuk kullit ayam.

Jam 10 30 kami melanjutkan perjalan ke arah Banyumas, dan selepas Banyumas jalan terus menanjak ke arah Buntu..ditanjakan Banyumas cukup menguras tenaga juga apalagi siang hari sangat panas dengan suhu 38 derajat celcius. Setelah areal perkebunan PTP jalan menurun sampai arah Buntu..’

h3-gombong-rogad-dan-id-folding-indonesia-satoe

Di dearah Buntu kami mampir sebentar di minimarket untuk beli air mineral, jeli dan vitamin C1000.
Melanjutkan perjalanan memasuki Gombong kami behenti sebentar untuk beli ban dalam cadangan karena ban dalam yang kami beli kemarin ternyata tidak cocok dengan velk/rim mtb. Kami beristirahat dan makan siang jam 14 00 di salah satu warung di Gombong, sambil menikmati es buah dan menunggu pesanan nasi goreng…tiba-tiba saya melihat 3 sepeda lipat lewat di depan warung..spontan saya panggil nama Om Antoboti, Om Devin dan Om Mitho (mereka dari ID Folding Indonesia Satoe yang sedang melakukan perjalanan panjang), tetapi sayangnya mereka tidak mendengar..saya ambil sepeda dan mengejar mereka kira-kira 100 meter..mereka berhenti.. dan akhirnya mereka mau bergabung beristirahat dan makan es buah bareng dengan kami di warung.

Setalah ngobrol dan bercerita mengenai perjalanan masing-masing, ambil momen foto bersama dan akhirnya kami jalan bareng tapi hanya beberapa ratus meter saja, selanjutnya berpisah di Gombong karena Team Id Folding Indonesia Satoe akan bermalam di rumah Keluarga Om Antoboti di Gombong…

Perjalanan dilanjutkan menuju Kebumen.. dan sempat kami genjot kehujanan  dari Kutoarjo menuju Purworejo…Hujan gerimis dan sedang bukan menjadi penghalang buat kami melanjutkan perjalanan tapi kami syukuri sebagai nikmat dari yang Kuasa. Jam 19 00 kami beristirahat dan makan mie ayam dan teh manis hangat untuk mengisi perut yang dah kedinginan.  Semangat terus saya sampaikan ke Ogut Deri karena kami tinggal 50 km genjot sampai menuju Yogya…

Memasuki perbatasan Propinsi DIY tepatnya di daerah Wates saya sempat SMS ke Om Bayu mengabarkan “Posisi sudah masuk Wates..”Kota Yogya 39 km lagi menurut petunjuk arah jalan…pikir saya 2 jam lagi kami sampai Kota Yogya..

Hampir jam 21 saat ini dan saya juga menghubungi kaka sepupu di Yogya dan mengabarkan posisi di Wates diperkirakan jam 23 sampai rumah di Yogya dan minta pintu rumah jangan ditutup dulu.
Karena keinginan untuk segera sampai.. kami terus memacu sepeda dengan konstan… ditanjakan Wates ada sedikit masalah sama sepeda saya yaitu ketika shifter fd saya pindahkan ke gear terkecil tiba-tiba rantai keluar dari gear dan saya berhenti membetulkan rantai dulu.. kala itu Ogut Deri telah jauh berada di depan.
Jam 22 40 akhirnya kami memasuk wilayah kota Yogya sambil menerima telepon dari Nte Desi yang menanyakan kondisi kami.

Tujuan akhir perjalanan sampai di Marlioboro jam 22 55 … tanpa terasa saya mengucapkan dengan rasa haru ” Alhamdulillah..Allahu Akbar.. Terima kasih Ya Allah yang telah memberikan kekuatan kesehatan dan keselamatan pada kami berdua..” itulah perasaan bahagia kami.
Foto-foto sejenak kemudian kami makan malam dengan menu Nasi Gudeg Komplit.. sayangnya Ogut Deri ngga doyan gudeg jadinya dia hanya pesan ayam goreng aja dilesehan Marlioboro… sebagai rasa syukur kami menikmati Karunia Nya dan sekaligus merayakan hari kebahagiaan spesial Ogut Deri yang berulang tahun tepat tgl 28 Maret 2009 hari ini.

Total perjalan hari ketiga 181 km dari Purwokerto, dengan total waktu 12 setengah jam termasuk istirahat.

Hari Keempat : Minggu, 29 Maret 2009

h4-keraton-yogya-2

Hari keempat.. pagi hari kami lakukan dengan mencuci dan menjemur baju dan sepatu. Siang harinya kami beli tiket kereta Fajar Utama di Stasiun Tugu dan meminta ke petugas pelayan tiket nomor bangku 17 C,D untuk keberangkatan besok tanggal 30 Maret 2009.  Sebelumnya kami di telepon oleh Nte Anggi dari B2W chapter Yogya (temannya Nte Ria dan Om Adi yang duluan pernah mampir ke B2W Yogya) yang mengabarkan ada acara kumpul-kumpul di bundaran UGM. Jalan-jalan menyusuri Marlioboro.. mampir ke Jalan Pajeksan 639 Workshop Bike to work chapter Yogya tetapi tidak ketemu Pa Jo.

Kemudian mampir ke Mirota Batik di Marlioboro beli taplak meja pesanan istri.. Lanjut kunjungin Keraton Yogyakarta… ambil momen foto-foto dengan kaos kebanggaan Rogad’s… Makan Mie ayam dan es kelapa muda..

Terus jalan kembali menuju ring road untuk menuju Candi Prambanan.. sempat kehujanan dan neduh di pinggir pertokoan.. jalan lagi.. hujan lagi..jalan lagi…hujan lagi..sepanjang jalan menuju Candi Prambanan kami foto-foto beberapa kali.

Nte Anggi mengabarkan kalau kumpul-kumpul di Bundaran UGM ga jadi karena hujan…sayang sekali..
Sampai di Candi Prambanan jam 17 15 dan tiket masuk sudah tutup.. minta ijin ke satpam penjaga untuk ngambil beberapa foto sebagai kenangan-kenangan dan diijinkan. Pulang ke kota Yogya dan ambil momen foto-foto di Tugu Yogya serta mampir kembali ke workshop B2W Yogya dan ketemu dengan Pa Jo.. setelah berkenalan dan ngobrol-ngobrol akhirnya kami pamitan pulang.

Hari Kelima : Senin, 30 MAret 2009

Pagi hari persiapan sepeda dan packing barang bawaan.. jam 7 35 menuju Stasiun Tugu dan telah di tunggu oleh Nte Anggi… Kereta Fajar Utama telah menanti dan kami cari posisi gerbong No. 5 dengan nomor bangku 17 C-D untuk menaruh 2 sepeda yang telah kami lepas kedua bannya.. foto-foto dengan Nte Anggi.. jam 8 tepat kereta Fajar Utama berangkat meninggalkan Yogya..

Jam 17 50 Kereta sampai di Stasiun Jatinegara disambut teman-teman Rogad’s ada Om Bowo, Om Adolf, Nte Ria, Om Agung, Om Iyunk dan di luar stasiun bergabung Om Ridwan. Tanpa diduga kami di bawa ke Bakmi Jawa Ciliwung Kalibata untuk merayakan hari ulang tahunnya Ogut Deri Lanang Mahendra dengan spesial kue ulang tahun yang imut.. yang dibawakan Nte Desi..Nte Ijul..Om Widi.. Disini juga bergabung Om Bayu SP, Om Bayu Noto, Om Adi, Nte Jati, Nte Yani, Om Zamani, Om Mikel.. hari yang penuh dengan keriangan dan kebahagiaan..

PERJALANAN GOWES JAKARTA YOGYAKARTA INI KAMI LAKUKAN UNTUK KEGIATAN DALAM MEMPERINGATI ULANG TAHUN KEDUA ROGAD’S DITAHUN 2009

Terima kasih kami ucapkan kepada :
– Allah SWT yang telah memberikan kesehatan, keselamatan dan kekuatan pada
kami selama dalam perjalanan menuju Yogya
– Kedua orang tua kami
– Istri dan Anak saya
– Mbah Kakung dan Mbah Uti di Sokaraja
– Teman-teman Rogad’s yang telah membantu baik dari segi materi, support, doa dan semangat yang diberikan pada kami berdua
– Mbak Gita (Kaka Sepupu saya) di Yogya dan Mas Nano dan Titin di (Adik Sepupu saya) di Purwokerto
– Nte Irni dan keluarga besar di Cirebon
– B2W Chapter Yogya..Pa Jo dan Nte Anggi

4 Responses so far »

1. 1

din said,

Selaman dan Hebat Dari bawah Pohon Beringin Yg Berada di alun-alun Kutoarjo Ku lambaikan Tanganku….

2. 2

ella ama ijul mupenk😀

4. 4

restu said,

bos,…tahun berapa yang bener, hari pertama tahun 2006, hari kedua dan setrusnya tahunhnya 2009,…mohon info neh,…soalnya ceritanya asyik, tapi tahunnya ada yg ga cocok kurang mantappp…..